Dropship di Tokopedia, Bukalapak, Facebook dan Twitter

Dropship

Apakah dropship itu…

Dropship merupakan sistem bisnis penjualan yang di lakukan oleh seorang dropshipper (sebutan bagi orang yang melakukan bisnis dropship) dengan tujuan menjual barang itu kembali secara online. Seseorang yang melakukan bisnis dropship mendapatkan barang-barang yang akan di jual kembali dari supplier atau distributor yang telah bekerjasama. Bisnis dengan sistem dropship sudah banyak yang peminat nya bahkan tidak sedikit yang sudah menjalankannya. Setiap bisnis yang di jalankan memiliki banyak perbedaan dari model bisnis lainnya, baik dengan cara sistem dropship, reselling maupun affiliate marketing, berikut perbedaannya:

• DROSHIP > Bisnis online yang di jalankan antara dropshipper dan supplier masuk kedalam bisnis online paling mudah karena ada banyak keuntungan yang di dapatkan dan cara menjalankan dengan mudah dan simple, bisnis dropship ini hanya membutuhkan pemasok/pembuat barang dan anda yang memasarkan kembali lewat sosial media, pada saat ada pemesanan tugas pembuat produk lah yang melakukan pengirimin atas nama anda, anda hanya mensetor modal saja kepada pembuat produk tersebut.
• RESELLING> Bisnis yang satu ini hampir sama dengan dropship hanya saja lebih sama kepada pedagang, produk yang di miliki telah di sediakan maupun di simpan terlebih dahulu untuk di jual kembali bisa dengan cara online ataupun langsung, bisnis seperti ini mirip dengan bisnis konvensional.
• AFFILIATE MARKETING> Yang bisa di sebut bisnis rekomendasi yang mempunyai tugas untuk mempromosikan produk orang lain dan menemukan calon pelanggan yang tepat, dan setiap pembelian akan mendapatkan bonus atau komisi.
Bisnis affliate marketer biasa nya memiliki peluang yang sangat besar karena bisnis ini menjangkau pasaran internasional yang memiliki jangkauan luas.

KEUNTUNGAN BISNIS DROPSHIP

Setiap menjalakan bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangnya, hanya perlu berlatih untuk menutupi kekurangan tersebut. Adapun untuk kelebihan bisnis dropship adalah
Keuntungan yang di dapatkan dari bisnis dropship tidak perlu mengeluarkan modal besar cukup menggunakan sosial media untuk berjualan, harga bisa di tentukan sendiri, dapat di lakukan di mana saja, tidak repot melakukan pengiriman, packing dll, tidak perlu menyetok barang sehingga mengurangi dari kerusakan barang .

Diagram Bisnis Dropship

diagram dropship

1. Anda mempromosikan produk dari distributor atau supplier di sosial media dengan harga yang telah di tentukan
2. jika ada konsumen yang berminat dengan produk yang di tawarkan
3. anda akan memberitahu distributor kemudian melakukakan pengiriman kepada konsumen
4. distributor mengirim barang kepada konsumen atas nama anda, pembayaran sepenuh nya di transfer melalui rekening anda, dan selanjutnya anda akan menyetor kepada distributor

RESELLER

Siapakah yang disebut dengan reseller…

Istilah reseller sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, antara reseller dan dropshipper memiliki sedikit perbedaan, reseller sebutan bagi orang yang berjualan dan barang yang akan di jual telah ada atau telah di simpan sendiri. Reseller sendiri merupakan pelaku atau orang yang menjual barang dagangan dalam bentuk fisik dengan tujuan untuk di jual kembali. Dengan begitu bagi konsumen yang ingin membeli barang dapat melihat nya secara langsung.
Kekurangan menjadi reseller adalah :
• anda harus menyediakan stok barang di rumah
• anda juga yang mengatur pengiriman kepada konsumen
• banyak waktu yang di butuhkan, mulai dari packing, pengiriman anda semua yang melakukan

Kelebihan menjadi reseller adalah:
• tidak ada susah dalam urusan membuat produk.
• Mempunyai hak penuh terhadap suatu produk
• tidak di pusingkan dengan update produk karena itu tanggung jawab dari pemilik produk tersebut

Ada banyak cara berjualan secara dropship, salah satunya di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak

Berbisnis di Tokopedia

kehadiran tokopedia kini banyak menguntungkan bagi para penjual online karena kemudahan nya secara gratis sistem pembayaran menggunakan rekening bersama, selain itu juga penjual dan pembeli tokopedia tidak di pungut biaya atas semua transaksi yang di lakukan

logo tokopedia

CARA MENDAFTAR DI TOKOPEDIA

Bagi anda yang telah memiliki produk sendiri atau anda seorang distributor dan ingin menjual produk anda secara online dengan tidak membuat blog atau website. Anda bisa memanfaatkan situs jual beli gratis Tokopedia, cara untuk melakukan pendaftaran di tokopedia adalah:
• anda harus membuat akun tokopedia terlebih dahulu melalui https://www.tokopedia.com/register.pl dan mengisi data diri secara lengkap
• setelah mengaktifkan akun tokopedia, anda harus memasukan nomor ponsel anda untuk verifikasi, kemudian tokopedia akan menggirim sms pemberitahuan kode verifikasi .
• Ketika sudah berhasil melakukan aktifasi anda harus membuka toko anda di tokopedia untuk mengisi nama toko anda tapi pilihlah nama yang berbeda apabila nama toko sudah ada, anda harus mengganti nama toko tersebut
• tambahkan produk anda serta foto dan deskripsi tentang produk anda, jika telah selesai semua anda tinggal menunggu pesanan datang.

Ada beberapa hal yang patut anda ketahui jika berjualan di tokopedia, apabila produk anda ada membeli maka pembayaran di transfer melalui rekening tokopedia kemudian anda yang melakukan pengiriman kepada konsumen lalu anda wajib melaporkan nomor resi pengiriman ke tokopedia setelah itu akan ada konfirmasi dari pembeli jika barang sudah sampai setelah semua transaksi selesai maka uang akan secara otomatis dimasukan ke akun Tokopedia Anda. Apabila jumlah saldo sudah bertambah anda bisa melakukan penarikan uang dari akun tokopedia ke rekening anda.

Kelebihan berjualan di tokopedia situs tersebut sudah terpercaya karena memiliki potensi penjualan yang lebih banyak dan juga banyak orang yang gemar membeli barang secara online, dan kekurangannya uang tidak langsung masuk ke rekening anda.

Berbisnis di Bukalapak

logo bukalapak

Bukalapak sendiri merupakan situs jual beli online yang di miliki oleh PT.BUKALAPAK dengan sistem model bisnis C2C (Cunsumer to Cunsumer) dengan sarana penjualan konsumen ke konsumen di manapun berada. Siapa saja bisa membuka toko online yang kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia.
Bagi yang ingin berjualan di bukalapak.com sangatlah mudah dan gratis cara nya adalah
• anda harus melakukan pendaftran di situs bukalapak.com
• anda juga bisa mendaftar lewat facebook maupun google mail isi data diri anda dengan benar dan lengkap
• setelah selesai anda harus memilih katageori produk apa saja yang akan anda jual
• anda harus miliki nama produk yang akan di jual , kondisi produk apakah baru atau bekas, gambar produk, ukuran, jumlah stok, harga, deskripsi produk anda dan jasa untuk pengiriman. Anda juga bisa memberika asuransi jika produk anda import.
Sistem pembayaran di bukalapak.com yaitu dengan cara pembeli mentransfer pembayaran ke bukalapak setelah itu bukalapak akan memberitahu penjual bahwa pembayaran telah di terima dan penjual melakukan pengiriman barang yang telah di pesan pembeli, setelah pembeli melakukan konfirmasi kepada bukalapak selanjutkan akan mentransfer uang kepada penjual. Apabila barang tidak sampai kepada pembeli maka uang akan di kembalikan seutuhnya tanpa potongan

Berbisnis di Facebook dan Twitter

Seiring berkembangnya jaman telah banyak sekali berbagai macam sosial media yang bermunculan, karena semakin banyak nya pengguna dari sosial media untuk membagikan kegiatannya dan juga di jadikan tempat untuk berjualan.

Media sosial adalah jaringan online yang memungkinkan penggunanya bisa berpartisipasi untuk membagiakan sgala kegiatannya.
Media sosial meliputi :
• FACEBOOK sosial media yang telah banyak di gunakan hampir di seluruh dunia yang menghubungkan semua orang, pertama kali di ciptakan oleh Mark Zuckerberg yang di luncurkan pada tahun 2006 tanggal 4 Maret.
• TWITTER sosial media yang berlambang burung mulai terbit pada bulan maret 2006 diirikan oleh Jack Dorsey telah memiliki banyak pengguna nya
selain facebook dan twitter ada banyak lagi aplikasi sosial media yang menghubungkan dari satu orang ke orang lain di seluruh dunia ini, bukan di gunakan sebagai tempat untuk berinteraksi saja tapi sosial media juga di jadikan tempat untuk berdiskusi dan bertansaksi jual beli